Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2011

Jumat, 06 Januari 2012

Endy

Pendidikan

Dibaca: 72892 kali

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional  2011

Pembangunan Kesejahteraan Sosial  Perlu Peran Semua Pihak

 

Barani-News. Beberapa waktu  yang lalu saat berita ini dirilis, Rabu (28/12/2011) di Aula Martabe, Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro Medan diadakan acara Hari Kesetiakawanan Nasional, Bapak H Gatot Pujo Nugroho ST Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) dalam pidato isi kata sambutannya  mengatakan pentingnya peran aktif seluruh lapisan masyarakat dalam upaya pembangunan kesejahteraan sosial. Hal ini dengan bertujuan  mendayagunakan seluruh kemampuan untuk kepentingan masyarakat dengan prinsip tridaya, yakni memberdayakan manusia, usaha dan lingkungan sosial,  dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Propinsi Sumut (Sekdapropsu) H Nurdin Lubis SH, pada peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) tahun 2011 tingkat Propsu). “Peringatan ini merupakan wujud nyata dari kesetiakawanan sosial masyarakat terhadap upaya pembangunan, khususnya pembangunan kesejahteraan sosial di Sumut,” katanya.

Dengan semangat tersebut, lanjutnya, maka segenap lapisan masyarakat dengan prinsip dari dan oleh masyarakat perlu ada kebersamaan dalam pembangunan kesejahteraan sosial. Lapisan masyarakat dimaksud meliputi seluruh aspek mulai dari TNI/Polri, organisasi sosial, lembaga swadaya masyarakat, unsure generasi muda, lembaga pendidikan, dunia usaha, media massa, pemuka masyarakat dab agama serta relawan sosial.

Plt Gubsu mengingatkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial sudah ada sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia dahulu. Jiwa dan semangat tersebut, katanya, merupakan potensi spiritual dan sekaligus sebagai perekat persatuan dan kesatuan dari seluruh etnik yang kemudian dikenal sebagai bangsa. “Oleh karena itu, nilai kesetiakawanan merupakan nilai yang bermakna bagi bangsa Indonesia,” lanjutnya.

Ditambahkannya, kepedulian terhadap masyarakat yang kurang mampu sangat diharapkan, kepedulian tersebut berupa perhatian dan uluran tangan para dermawan dan relawan sosial. Hal ini, katanya, sejalan dengan tema peringatan HKSN “Kesetiakawanan Sosial Spirit Bangsa Indonesia”. “Saya mengingatkan dan mengharapkan kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di sumut agar memberikan perhatian, peluang dan kesempatan kepada penyandang masalah sosial sesuai amanah UU no 11 Tahun 2009, agar mereka layak dan manusiawi sebagai anak bangsa,” tambahnya.

 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Panitia HKSN tahun 2011 Propsu Robertson mengatakan dalam laporannya, dalam kegiatan tersebut dilaksanakan beberapa kegiatan sosial, seperti donor darah, pengobatan gratis dan pemberian bantuan kepada masyarakat kurang mampu serta bantuan perbaikan perumahan di sejumlah daerah di Sumut, Ketua Panitia HKSN Tahun 2011 juga mengatakan  tujuan dari peringatan HKSN tahun 2011 adalah untuk menggugah dan memasyarakatkan rasa kesetiakawanan dan keakraban, sehingga mampu meningkatkan kepedulian semua pihak kepada penyandang masalah kesejahteraan social. (ENDY)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas