Gubsu Sambut Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Ceko

Selasa, 14 Mei 2013

Endy

Hiburan

Dibaca: 1625 kali

Gubsu Sambut Kunjungan Menteri Lingkungan Hidup Ceko

MEDAN - Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko Tomas Chalupa mengaku terpesona dengan kekayaan alam dan budaya Sumatera Utara. Hal itu diungkapkannya kepada Gubsu H Gatot Pujo Nugroho, ST saat menikmati jamuan makan malam yang berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman, Medan, Senin (12/5). 


Menteri beserta Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Tomas Smetanka serta belasan orang wakil dari komunitas bisnis Ceko terlihat antusias menikmati pagelaran budaya yang ditampilkan grup kesenian .. Diawali dengan tarian persembahan, beberapa anggota rombongan asal negara pecahan Rusia itu tampak sibuk mengambil foto  para penari. Perhatian mereka juga tercurah pada kelompok pemusik yang mengiringi tarian secara live.

Usai tari persembahan khas Melayu ditampilkan, para tamu asing yang hadir itu pun sontak bertepuk tangan meriah. Selanjutnya Gubsu mempersilahkan rombongan untuk menikmati kuliner khas Sumatera Utara. Diantara menu yang disajikan adalah sate, mie rebus medan, pulut durian, kue-kue khas Sumut dan aneka minuman diantaranya jus terong belanda.

Usai menikmati kuliner, para tamu asing itu pun masih disajikan dengan penampilan tarian yang  khas Batak Toba yang jauh berbeda dengan  tarian persembahan. Mereka pun hampir tak berkedip menyaksikan gerak lincah penari yang kompak mengikuti ritme cepat musik Batak. Sebagian dari rombongan kembali mengabadikan moment istimewa tersebut dengan kamera masing-masing.

Menteri Tomas Chalupa dalam sambutannya secara terang-terangan memuji keindahan tarian dan budaya khas Sumut serta sajian kuliner yang disajikan malam itu. “Luar biasa indah dan makanannya sangat lezat,” ujar menteri Tomas Chalupa yang malam itu hadir bersama utusan organisasi peduli lingkungan, para pakar lingkungan, asosiasi industri dan pengusaha  .

Menteri mengungkapkan tujuan kunjungan kerja pihaknua ke Sumut untuk menggagas kerjasama pemerintah maupun swasta dan organisasi non pemerintah di bidang pengelolaan lingkungan dan eco bisnis. Diantara bidang yang ditawarkan adalah manajemen sampah, pengolahan air minum dan teknologi pembangkit listrik tenaga air.

Gubsu dalam sambutannya juga berharap kehadiran delegasi Republik Ceko dapat membuahkan realisasi kerjasama antara Ceko dengan Sumut yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengharapkan kehadiran delegasi pemerintah dan pengusaha dari  Republik  Czech dapat melihat peluang-peluang eco bisnis yang ada di Sumatera Utara, sehingga terjalin kerjasama antara kedua belah pihak di berbagai bidang untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan dan kemakmuran masyarakat,” ujar Gubsu.
 
Kunjungan delegasi akan diisi dengan kegiatan forum bisnis bersama p ara pengusaha Sumut pada keesokan harinya, Selasa (13/5). Kehadiran delegasi Ceko di Sumut merupakan tindak lanjut kerjasama ke dua Negara yang ditandatangani oleh Presiden Ceko dan Presiden RI di Jakarta beberapa waktu lalu

 

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas