SIGOMPULON PAHAE DENGAN KEINDAHAN ALAMNYA

Sabtu, 27 September 2014

Administrator

Parawisata

Dibaca: 2451 kali

SIGOMPULON DENGAN KEINDAHAN ALAMNYA

Barani-News.com Sigompulon, 27 /09-2014. Pahae merupakan nama dari beberapa kecamatan yang terdiri dari Pahae Jae dan Pahae Julu dan memiliki sebuah Desa bernama Sigompulon yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara Propinsi Sumatera Utara.

Kehidupan masyarakat hampir 99 % bersuku Batak yang sudah lebih dari 150 tahun mendiami wilayah tersebut. Kehidupan masyarakat di Desa Sigompulon yang masih memegang teguh adat istiadat merupakan ciri khas dari Masyarakat Batak yang ada disana.

Dengan panorama alam pegunungan pahae merupakan daya tarik pesona diwilayah tersebut yang membuat terkagum-kagumnya anak perantau bila pulang untuk melihat kampung halamannya dan menikmati udara segar. Saat Tim dari Media Online Barani-News melakukan kunjungan ke Pahae Julu tepatnya di Desa Sigompulon yang merupakan salah satu penghasil beras, karet, kemenyan dan tanaman perkebunan lainnya di Kabupaten Tapanuli Utara di diterima oleh beberapa masyarakat setempat.

Salah seorang masyarakat yang bernama Adi Lae Sitompul lulusan dari sekolah menengah pertanian Dwi Warna Kota Medan mengatakan bahwa pertanian, perkebunan di Pahae Julu khususnya di Desa Sigompulon ini dilakukan dengan pola 3/4 tradisional dan 1/4 lagi mengikuti perkembangan jaman.Beliau berharap kiranya pemerintah dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten hendaknya mau membantu para petani dalam hal penyuluhan, pembibitan dan pemasaran hasil dari pertanian dan perkebunan yang diwilayah tersebut.

Saat Tim melakukan penelusuran di Desa Sigompulon bersama Adi Lae Sitompul Tim Media melihat masih banyak lahan tanah yang terbengkalai ditumpuhi rumput-rumput liar dan ilalang, begitu juga banyak jalan desa yang belum tersentuh oleh pemerintah Desa, Kecamatan, Kabupaten Tapanuli Utara khususnya jalan menuju lahan pertanian dan perkebunan masyarakat Sigompulon yang kesehariannya dilalui masyarakat setempat untuk melakukan aktifitas di Sawah, Ladang bahkan di Kebun, didaerah sigompulon ini sepertinya masyarakat kurang berminat untuk berternak kambing, lembu, kerbau tapi kalau bila beternak ayam dan babi banyak dilakukan oleh masyarakat setempat "Ujar Adi Lae Sitompul kepada Tim Media", padahal pakan ternak untuk Kambing, Lembu dan Kerbau berlimpah ruah di daerah ini.

Adi Lae Sigompulon juga mengatakan seandainya ada Investor yang siap menanamkan modal dibidang pertanian dan perkebunan pastilah masyarakat akan menerima dan mau bekerjasama. (Jeffri Sibarani)

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas